Waspada Cacing Hati Pada Hewan Qurban

Momen idhul adha pada saat pemotongan hewan qurban, tradisi yang dinanti-nanti umat muslim pada umumnya. Sayangnya minimnya pengatahuan warga Indonesia tentang cacing hati yang hidup pada hati hewan qurban.

Memang benar panitia qurban sudah melakukan cek kesehatan hewan qurban sebelum dilakukan penyemblihan. Namun hal tersebut belum dinyatakan sehat untuk di konsumsi. Pasalnya terdapat jenis penyakit yang bisa di katahui setelah dipotong/semblih, seperti penyakit cacing hati.

Cacing hati pada hewan qurban memang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan jika ditemukan pada hewan qurban, hati tersebut lebih baik dibuang.

Data yang kami himpun dari Dinas Pertanian Bukittinggi,  ditemukan satu ekor hewan qurban yang memiliki cacing hati pada Idhul Adha 1440 Hijriyah, tepatnya di Pulai Anak Air.

Bahaya Cacing Hati

Cacing hati memang agak sulit diketahui oleh masyarakat awam yang hidup pada hewan qurban.

Namun jangan perlu takut mengkonsumsi daging qurban jika di temukan cacing pada hati hewan tersebut, anda hanya perlu membuang bagian hati yang terkena cacing.  kemudian anda cukup mencuci daging sapi tersebut dengan air panas atau pada suhu 70 sampai 100 derajat celcius, untuk membunuh cacing yang ada pada hati hewab qurban.


Namun ada baiknya, jika ditemukan cacing hati pada hewan qurban, anda tidak mengkonsumsinya.



0 komentar:

Post a Comment