Pesona Kelok Sembilan di Kabupaten 50 Kota

Jujur, 1 November 2019. Tepat diusiaku ke 27 tahun, ini lah moment pertama kali aku mengunjungi Kelok Sembilan di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Padahal objek wisata yang paling menarik di kunjungi, hanya berjarak 55 Km dari kota yang aku tempati saat ini (Bukittinggi).

Jalan-jalan ke Kelok Sembilan sudah dari dahulu aku citakan, sayangnya banyak kegiatan dan kurangnya kesempatan, maka jelajah Kelok Sembilan selalu tertunda. Kebutulan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, menggelar Jitu Pasna di Kecamatan Pangkalan, 50 Kota.

 Sekitar 50 orang tim Jitu Pasna berkunjung ke Pangkalan untuk mensurvey pasca bencana alam melanda daerah tersebut. Usai mengabil absen kebarangkan, aku duduk dibangku bagian tengah. Sementara di belakang saya ada jurnalis dari Okezone.com.

Nuasan perjalanan dari Bukittinggi ke 50 Kota memang benar aku nikmati, karena ini hal pertama bagi ku. Dari Bukittinggi, kami melewati Kecamatan Baso Agam, Kota Payakumbuh. Kemudian baru masuk ke Kabupaten 50 Kota. Tak lama setelah itu barulah kami sampai di Kelok Sembilan. 
 

Sangat terasa cepat, karena  mata kami dimanjakan keindahan kawasan Geopark Nasiona, Harau ini dan kami tidak pernah lupa mengabadikan semua kenangan itu.

Sekilas Kelok Sembilan

Kelok Sembilan adalah ruas jalan berkelok yang terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatra Barat menuju Provinsi Riau. Jalan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong ulu air, Nagari harau/kenagarian persiapan ulu air, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat dan merupakan bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatra dan Pantai Timur Sumatra. Jalan ini memiliki tikungan yang tajam dan lebar sekitar 5 meter, berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam: Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. 

 Tiba di Kelok Sembilan

Sampai di Kelok Sembilan, tim Jitu Pasna kelompok dua langsung berhenti sejenak, untuk swafoto. Nah, di Kelok Sembilan juga ada jasa foto dengan harga sangat terjangkau sekali.
Keindahan Kelok Sembilan tidak perli diragukan lagi, bangunan maha dasyhat di Indonesia ini anda harus kunjungi. Selain itu, pesona tebing-tebing di kawasan Kelok Sembilan sangatlah elok dan asri. 





1 comment: